Modul 4 : Solusi Pendanaan

Pada umumnya, permasalahan yang sering terjadi bukan saja bagaimana menemukan Properti Kost yang hot deal, tetapi biasanya justru cenderung bagaimana kita bisa mendapatkan pendanaan untuk mengakuisisi properti kost tersebut.

Saat mendengar kata pendanaan, biasanya kita hanya terpikir bahwa  yang bisa membiayai pembelian properti kost tersebut hanya bank saja sebagai sumber pendanaan kita. Padahal kita juga bisa menggunakan uang orang lain. Kita enggan meminjam kepada orang lain, karena biasanya orang lain enggan meminjamkan uang kepada kita dikarenakan mereka takut kita tidak bisa mengembalikan pinjaman mereka. Demikian pula, kita semua pada umumnya juga sudah dicekoki dengan anggapan bahwa untuk menghasilkan uang diperlukan uang dari kantong pribadi kita sendiri.

Ada beberapa sumber pendanaan yang bisa Anda gunakan antara lain :

  1. Dana Pribadi (Cash Keras)
  2. Dana IMF (Istri, Mertua dan Family)
  3. Dana Rekan Bisnis (Konsorsium) / Saweran
  4. Dana Lembaga Keuangan Non Bank (Koperasi Simpen Pinjam / BPR)
  5. Dana Bank (KPR / KI / KMK / KUR)
  6. Dana Kredit Fasilitas Kantor (Pensiunan / BPJS)
  7. Dana Kartu Kredit

Ketika Workshop KSI ada seorang member KSI Community, bertanya kepada saya. Apakah kita harus berhati-hati dalam memilih bank, karena terkadang banyak bank yang mungkin terlihat bunganya tidak wajar sehingga ketika kita akuisisi properti kostnya, malahan kita harus membayar cicilannya dengan tambahan uang dari bisnis kita lainnya. Jawabannya adalah iya, kita harus menghitung cicilan dengan hasil dari properti kost tersebut.

Namun, setelah Anda mengetahui berbagai macam sumber pendanaan, Ada baiknya anda juga bisa mulai melihat berbagai kemungkinan investasi properti kost yang bisa anda wujudkan. Tentunya anda bisa mengkombinasi beberapa sumber pendanaan alternatif di atas.  Tentu saja,, Anda juga harus menghitung, kombinasi manakah yang akan lebih memberikan keuntungan paling optimal dengan risiko yang lebih minimal dan bisa anda kendalikan.